Produktif di Tengah Pandemi, Bank Sampah Malang Beri Edukasi dan Pendampingan kepada Masyarakat
/0 Comments/in Berita/by adminProduktif di Tengah Pandemi, Bank Sampah Malang Beri Edukasi dan Pendampingan kepada Masyarakat
(28 September 2020)
TIMESINDONESIA, MALANG – Mitra Binaan PLN Peduli, Bank Sampah Malang (BSM) tetap produktif jalankan edukasi dan pendampingan pengelolaan sampah kepada masyarakat sekitar di tengah pandemi.
Ketua Koperasi BSM, Kartika Ikasari meyakini justru di tengah pandemi, peran bank sampah sangat penting mulai dari edukasi bahwa aktifitas pemilahan sampah atau kebersihan tetap dilakukan sebagai salah satu cara untuk pencegahan Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, konsistensi gerakan peduli lingkungan. Serta terdapat nilai tambah dengan dapat menabung atau mengambil tabungan di masa sulit pandemi Covid-19.
Bank Sampah Malang adalah Bank Sampah Induk yang ada di Kota Malang yang didirikan dengan badan hukum koperasi oleh Pemerintah Kota Malang bersama CSR PLN pada tahun 2011 yang berfungsi untuk melakukan pembinaan dan pendampingan pada masyarakat untuk menabung sampah yang dikonversikan dalam rupiah tiap jenis sampah.
Sejak berdiri, bank sampah pertama di Kota Malang ini telah menebarkan beragam kegiatan positif tak hanya lingkup pengelolaan, pemilahan hingga menabung dari sampah tetapi juga sosialisasi pada masyarakat/ sekolah/ Pemda lain/ Perguruan Tinggi/ komunitas yang datang ke BSM, maupun diundang untuk memberikan informasi dan pembinaaan terkait menjalankan operasional bank sampah.
Selama pandemi, Tika menambahkan sampah yang dikelola sebanyak 1-2 ton setiap harinya. Sampah ini dihasilkan dari total 650 Bank Sampah Unit (BSU) yang dimiliki BSM dan tersebar di seluruh Kota Malang.
Salah satu nasabah Bank Sampah Unit (BSU) M.083, Sumiati mengaku terbantu dengan tetap beroperasinya BSM di tengah pandemi.
“Dalam kondisi sulit seperti ini, kami sangat terbantu, terima kasih BSM karena nasabah tetap ingin ada aktifitas untuk memilah sampah dan dapat tabungan sampah,” terangnya.
Senior Manager General Affairs PLN UID Jawa Timur, A. Rasyid Naja menyampaikan, selama ini PLN Peduli turut mendampingi BSM tumbuh dan berkembang. Banyak kegiatan positif dan bermanfaat untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Terutama di tengah pandemi, kesehatan dan kebersihan lingkungan harus tetap terjaga.
“Kami berharap Bank Sampah Malang bisa terus ambil peran dan menginspirasi masyarakat sekitar,” pungkas Rasyid.
Artikel ini telah tayang di timesindonesia.co.id dengan judul “Produktif di Tengah Pandemi, Bank Sampah Malang Beri Edukasi dan Pendampingan kepada Masyarakat”,
Pewarta: Lely Yuana | Editor: Irfan Anshori
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Gedung Manggala Wanabakti, Jl. Gatot Subroto RT.1/RW.3 Glora, Tanah Abang Jakarta Pusat 12190
Copyright © 2020 Tim Koordinasi Nasional Penangan Sampah Laut
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!