Loading
Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut
  • TENTANG KAMI
    • LATAR BELAKANG
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • KELOMPOK KERJA
  • REGULASI
  • POJOK INOVASI
    • EKONOMI
    • TEKNOLOGI
    • KEPEMERINTAHAN
    • KEMASYARAKATAN
  • KNOWLEDGE
    • BERITA
      • NEWSLETTER
    • DOKUMEN
      • FILE
  • EVENTS
    • PROGRAM
      • LABUAN BAJO
    • INC-3
    • EUPHORIA
    • UN OCEAN CONFERENCE
      • MONITORING and ASSESSMENT
      • GLOBAL COMMITMENTS and ACTIONS
    • RESIK
  • Search
  • Menu Menu

Produktif di Tengah Pandemi, Bank Sampah Malang Beri Edukasi dan Pendampingan kepada Masyarakat

September 29, 2020/0 Comments/in Berita/by admin

Produktif di Tengah Pandemi, Bank Sampah Malang Beri Edukasi dan Pendampingan kepada Masyarakat

Pewarta: Lely Yuana
Editor: Irfan Anshori

(28 September 2020)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mitra Binaan PLN Peduli, Bank Sampah Malang (BSM) tetap produktif jalankan edukasi dan pendampingan pengelolaan sampah kepada masyarakat sekitar di tengah pandemi.

Ketua Koperasi BSM, Kartika Ikasari meyakini justru di tengah pandemi, peran bank sampah sangat penting mulai dari edukasi bahwa aktifitas pemilahan sampah atau kebersihan tetap dilakukan sebagai salah satu cara untuk pencegahan Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, konsistensi gerakan peduli lingkungan. Serta terdapat nilai tambah dengan dapat menabung atau mengambil tabungan di masa sulit pandemi Covid-19.

Bank Sampah Malang adalah Bank Sampah Induk yang ada di Kota Malang yang didirikan dengan badan hukum koperasi oleh Pemerintah Kota Malang bersama CSR PLN pada tahun 2011 yang berfungsi untuk melakukan pembinaan dan pendampingan pada masyarakat untuk menabung sampah yang dikonversikan dalam rupiah tiap jenis sampah.

Sejak berdiri, bank sampah pertama di Kota Malang ini telah menebarkan beragam kegiatan positif tak hanya lingkup pengelolaan, pemilahan hingga menabung dari sampah tetapi juga sosialisasi pada masyarakat/ sekolah/ Pemda lain/ Perguruan Tinggi/ komunitas yang datang ke BSM, maupun diundang untuk memberikan informasi dan pembinaaan terkait menjalankan operasional bank sampah.

Selama pandemi, Tika menambahkan sampah yang dikelola sebanyak 1-2 ton setiap harinya. Sampah ini dihasilkan dari total 650 Bank Sampah Unit (BSU) yang dimiliki BSM dan tersebar di seluruh Kota Malang.

Salah satu nasabah Bank Sampah Unit (BSU) M.083, Sumiati mengaku terbantu dengan tetap beroperasinya BSM di tengah pandemi.

“Dalam kondisi sulit seperti ini, kami sangat terbantu, terima kasih BSM karena nasabah tetap ingin ada aktifitas untuk memilah sampah dan dapat tabungan sampah,” terangnya.

Senior Manager General Affairs PLN UID Jawa Timur, A. Rasyid Naja menyampaikan, selama ini PLN Peduli turut mendampingi BSM tumbuh dan berkembang. Banyak kegiatan positif dan bermanfaat untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Terutama di tengah pandemi, kesehatan dan kebersihan lingkungan harus tetap terjaga.

“Kami berharap Bank Sampah Malang bisa terus ambil peran dan menginspirasi masyarakat sekitar,” pungkas Rasyid.

Artikel ini telah tayang di timesindonesia.co.id dengan judul “Produktif di Tengah Pandemi, Bank Sampah Malang Beri Edukasi dan Pendampingan kepada Masyarakat”,

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/299447/produktif-di-tengah-pandemi-bank-sampah-malang-beri-edukasi-dan-pendampingan-kepada-masyarakat

Pewarta: Lely Yuana | Editor: Irfan Anshori

Share
  • Share on Facebook
  • Share on Twitter
  • Share on WhatsApp
  • Share on LinkedIn
  • Share by Mail
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this entry
  • Share on Facebook
  • Share on Twitter
  • Share on WhatsApp
  • Share on Pinterest
  • Share on LinkedIn
  • Share on Tumblr
  • Share on Vk
  • Share on Reddit
  • Share by Mail
https://j5p0.c12.e2-5.dev/sampahlaut/logo-tkn-1.jpg 0 0 admin https://j5p0.c12.e2-5.dev/sampahlaut/logo-tkn-1.jpg admin2020-09-29 22:35:092020-09-29 22:35:09Produktif di Tengah Pandemi, Bank Sampah Malang Beri Edukasi dan Pendampingan kepada Masyarakat
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

  • Dipuji Pakar Lingkungan, Gagasan Gubernur Koster Soal Sampah Dinilai Solusi TuntasAgustus 9, 2025 - 02:04
  • Pastikan Progres Pengolahan Sampah, Menko Pangan ke TPST MengwitaniAgustus 9, 2025 - 02:00
  • Pemkab Pandeglang Respons Protes Warga soal TPA Tampung Sampah TangselAgustus 9, 2025 - 01:50
  • China is the world’s biggest plastic producer — making as much as 6 countries combinedAgustus 9, 2025 - 01:44
  • More than 200 lobbyists at UN’s plastic treaty talks will limit progress, campaigners warnAgustus 9, 2025 - 01:36

Gedung Manggala Wanabakti, Jl. Gatot Subroto RT.1/RW.3 Glora, Tanah Abang Jakarta Pusat 12190

sekretariat@tknpsl.id

INSTITUSI TERKAIT

SISTEM

  • Sistem Pelaporan
  • Data Sampah
SOSIAL MEDIA
  • Share on Facebook
  • Share on LinkedIn
  • Link to Instagram
  • Link to Youtube

Copyright © 2020 Tim Koordinasi Nasional Penangan Sampah Laut

Cara Astra Gerakan Ekonomi Rakyat dengan Program Bank SampahSri Lanka returns containers of illegal waste to Britain: Customs
Scroll to top